Analisis Subjek Dan Jenis Subjek

1. Analisis Subjek
Dalam pekerjaan klasifikasi, seorang pustakawan di tuntut harus mengerti dan memahami sistem klasifikasi yang akan di gunakan dalam menentukan subjek buku, kita perlu melakukan analisis terhadap beberapa bagian buku sebagai berikut :
1. Judul dan subjek buku, bagian ini biasanya terdapat pada halaman pertama sebelah kulit buku, dengan mengetahui judul dan subjudul buku, maka ini akan memberikan gambaran kepada kita tentang isi atau persoalan yang dibahas didalam buku yang bersangkutan.
2. Daftar isi. Jadi jangan mencermati judul dan subjudul belum mampu memperoleh gambaran nya dengan jelas tentang isi buku maka kita tidak bisa melakukan penelaah terhadap daftar isinya. Daftar isi memuat perincian persoalan yang dibahas didalam buku yang bersangkutan mulai bab bab nya, hingga ke sub subab nya, bahkan terkadang hingga ke anak subbab. Dengan demikian kita dapat membayangkan persoalan yang akan di bahas didalam buku.
3. Kata pengantar. Dalam kata pengantar, penulis seringkali menjelaskan latar belakang di susun nya buku tersebut, tujuan penyusunan, serta sistematika pembahasan nya. Dengan mencermati hal ini maka kita akan lebih mudah lagi menentukan apa subjek atau persoalan tertentu.
4. Isi sebagian atau keseluruhan. Dan, jika dengan menelaah judul dan subjek, daftar isi, dan kata pengantar masih di dapati kesulitan untuk menentukan apakah subjek atau persoalan yang di bahas buku yang bersangkutan, maka tindakan lain yang bisa di lakukan yaitu dengan membaca isi buku, untuk pertama tama disarankan membaca bagian bagian pendahuluan. Namun, jika tetap belum didapatkan kejelasan dari bagian pendahuluan tersebut, maka sebaiknya perlu di baca keseluruhan isi buku dai halaman pertama hingga halaman terakhir. Untuk mengetahui subjek atau persoalan yang dibahas buku tsb.

Terkait dengan cara menentukan subjek buku di atas kita perlu memperhatikan beberapa prinsip dasar berikut :
1. Displin ilmu yaitu buku yang di analisis harus masuk kedalam disiplin ilmu atau di sebut juga disiplin fundamental ilmu yaitu ilmu alam, ilmu sosial, ilmu terapan, dan humaniora.
2. Objek bahasan atau fenomena yaitu konsep atau fenomena tertentu dalam disiplin ilmu tersebut yang di kaji dalam bahan pustaka.
3. Bentuk fisik yaitu setelah di temukan bentuk objek kajian atau fenomena nya buku harus do sajikan dalam bentuk tertentu.

2. Jenis Subjek
Dalam kegiatan analisis subjek dokumen terdapat dalam jenis subjek. Secara umum di golongkan dalam 4 kelompok yaitu :
1. Subjek Dasar adalah subjek yang terdiri dari satu displin ilmu saja misalnya “ Pengantar ilmu sosial “, jadi yang menjadi subjek dasarnya ilmu sosial.
2. Subjek Sederhana yaitu subjek hanya terdiri dari satu fase yang berasal dari satu subjek dasar misalnya “Pengantar Ekonomi Pancasila”
3. Subjek Majemuk adalah subjek yang dari subjek dasar disertai fokus dari dua atau lebih displin ilmu misalnya “ Hukum Islam Di Indonesia”. Subjek dasarnya adalah Hukum dan Agama.
4. Subjek Kompleks adalah subjek yang terdiri dari dua atau lebih subjek dasar dan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain.

Untuk menentukan subjek yang di utamakan dalam subjek kompleks terdapat 4 fase yaitu :
1. Fase Bias yaitu suatu subjek yang disajikan untuk kelompok tertentu.
2. Fase Pengaruh yaitu bila dua atau lebih subjek dasar saling memengaruhi antara satu sama lain.
3. Fase Alat adalah subjek yg di gunakan sebagai alat untuk menjelaskan atau membahas subjek lain.
4. Fase Perbandingan yaitu untuk membandingkan pembahasan mana yang lebih banyak dalam bahan pustaka dengan membaca terlebih dahulu isi bahan pustaka. Untuk menentukan subjek mana yang akan di utamakan, ketentuan nya sebagai berikut :

- Pada subjek yang dibahas lebih banyak. Misalnya : “ Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jika islam lebih banyak di bahas utamakan subjek islam dan sebaliknya.
- Pada subjek yang di sebut pertama kali misalnya perpustakaan dan  masyarakat ditetapkan pada subjek perpustakaan pada subjek yang erat kaitan nya dengan jenis perpustakaan atau pemakai perpustakaan. Misalnya : “ Hukum dan Kedokteran” di fakultas hukum akan ditetapkan subjek Hukum sedangkan di Perpustakaan Kedokteran akan di tempatkan dalam subjek Kedokteran.


Referensi :
Gultom, Hetti, Analisis subjek bahan pustaka. Medan : Universitas Sumatera Utara.
Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar : Teori dan Aplikasinya disekolah/Madrasah. Depok : Pramedia Group.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POHON ILMU DAN ISCIENCE MAPPING